oleh

Baru 5 Hari, Transaksi di Youth Expo KNPI Palopo Ditaksir Rp1 Miliar

TERASKATA.COM, Palopo – Antusiasme pengunjung terhadap Youth Expo yang digelar KNPI Palopo terbilang besar. Sampai hari kelima pada, Sabtu (11/06/22), trafik pengunjung diperkirakan mencapai kurang lebih 10 ribu sejak dibuka hari selasa, lalu.

Sementara pada edisi weekend, kemarin pengunjung diperkirakan di angka 5.000 orang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Panitia Youth Expo 2022, Accung saat ditemui Teraskata.com, Minggu (12/06/22).

Menurut Accung, hadirnya pengunjung yang memadati lokasi acara membuat gerak ekonomi di kota ini cukup besar.

Hal itu dinilai dari sepanjang kegiatan ini transaksi diperkirakan telah mencapai Rp1 Miliar. Baik di lokasi kegiatan maupun efek yang ditimbulkan terkait kegaiatan ini. Mulai dari usaha perhotelan, bahan makanan, percetakan, penyewaan tenda, parkir dan sebagainya.

“Perkiraan kita transaksi sudah mencapai sekitar Rp1 Miliar sejak awal kegiatan, utamanya pada sabtu malam dimana lonjakan pengunjung sangat besar,” sebut Accung.

Diketahui, kurang lebih 100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di lokasi itu. Mulai dari usaha kuliner, pakaian, asesories handphone, mainan anak dan beberapa usaha lainnya. Belum lagi banyaknya wahana bermain yang ada di lokasi tersebut.

“Memang malam minggu ini sangat ramai, kalau dibanding malam sebelumnya, karena tidak hanya masyarakat Palopo saja yang datang, namun banyak yang dari luar daerah juga datang bermain,” ungkap salah seorang pemilik salah satu stand kuliner di lokasi itu.

Berdasarkan penelusuran media ini, edisi weekend transaksi di stand ada yang mencapai Rp1 jutaan bahkan lebih, pada weekday berkisar Rp500 ribu dari jam 4 sore hingga pukul 23:30 wita. 

Sementara wahana bermain disesaki pengunjung, seperti misalnya Kora-Kora, Bianglala, ombak asmara, kincir angin dan masih banyak lagi. Pengunjung menikmatinya dengan membayar Rp15 sekali main.

Hadirnya event ini membuat gerak ekonomi di Kota Palopo menjadi baik, pasca pandemi. Penyelenggaraan even tentu memberikan efek terhadap sejumlah usaha yang terkait dengan itu.

“Hal ini tentu sangat diharapkan masyarakat pelaku usaha, bagaimana ekonomi bisa bergerak, setelah sekian lama vakum karena situasi pandemi. KNPI Palopo menggelar event ini untuk turut andil dalam dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat dimana ini adalah salah satu bentuk kontribusi pemuda dalam pembangunan daerah,” kata Umar, Ketua KNPI Palopo.

Even Youth Expo KNPI 2022 ini akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang. Ragam acara juga dalam lokasi itu, misalnya live musik, pertandingan domino, Zonkpress, Zumba, konsolidasi pemuda, donor darah, vaksin dan sejumlah kegiatan yang telah dikemas oleh panitia.(lia)

Komentar