Jokowi Perdana Divaksin Sinovac 13 Januari, Ma’ruf Amin?

TERASKATA.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan perdana menerima vaksin Sinovac, Rabu (13/01/21) pekan depan. 

Hal ini diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS). “Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan di Jakarta oleh Bapak Presiden,” ujar BGS dalam keterangan tertulis dari Puspen Kemendagri yang dilansir dari detikhealth, Selasa (05/01/2021).

Hal ini disampaikan BGS dalam rapat koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Budi Gunadi pun berharap vaksinasi Covid-19 nantinya bisa dilanjutkan dengan lancar pada tahap pertama penyuntikan pada tenaga kesehatan. Namun bagaimana dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin?

Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ikut vaksinasi COVID-19 tahap awal seperti sejumlah menteri yang disebut bakal suntik vaksin di 13 Januari mendatang. 

Juru bicara Wapres, Masduki menjelaskan Ma’ruf tak ikut vaksinasi karena faktor usia.

“Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu,” terang Masduki seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (06/01/21).

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan dalam petunjuk teknis (Juknis) resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, ada beberapa kriteria lain yang belum bisa menerima vaksin Sinovac.

Komentar

Baca Juga