oleh

Dana Bantuan Sosial di Dinsos-PM Kecil, Maming: Harus Ditambah

TERASKATAKALTIM.COM,BONTANG – Komisi I DPRD Bontang menggelar rapat pembahasan serapan anggaran di Dinas Sosial dan Pemberdayaan masyarakat, Senin (1/8/2022).

Dalam rapat tersebut, anggota komisi I DPRD Bontang Maming menuturkan akan mendorong penambahan dana bantuan sosial yang dikelola Dinsos-PM.

“Anggaran yang dikelola selama ini terlalu kecil,” ujarnya usai Rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinsos-PM di Sekretariat DPRD Bontang.

Dari laporan yang ada, Maming membeberkan, total alokasi dana bantuan sosial hanya Rp 250 juta per tahun. Jumlah tersebut dianggap sudah tidak sesuai dengan kondisi kebutuhan di lapangan.

“Karena banyak yang tidak tercover di lapangan jadi harus ditambah,” timpalnya.

Selain itu, menurutnya, pendataan ulang warga penerima bantuan perlu dilakukan. Seperti warga kurang mampu (miskin) dan kelompok anak yatim-piatu. Agar tepat sasaran.

“Harus di data ulang karena banyak yang mampu tapi dapat bantuan. Sedangkan yang benar-benar miskin sampai saat ini belum pernah dapat bantuan,” bebernya.

Ia pun meminta agar pendataan ini dilakukan secara akurat oleh Dinsos-PM. Agar penambahan dana bantuan ini bisa segera dilakukan.

“Kalau ada penambahan saat pendataan kita bisa segera tambah anggaran,” tandasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan data Dinsos-PM jumlah masyarakat miskin di Kota Bontang sebelumnya berkisar 1.800 jiwa. Namun setelah dilakukan verifikasi ulang jumlahnya menurun sebanyak 240 jiwa. Yang artinya data warga miskin saat ini, kurang lebih sebanyak 1.600 jwa. (Adv)

Komentar