oleh

Irfan Soroti Masalah ODGJ di Bontang

TERASKATA.COM,BONTANG – Anggota komisi I DPRD Bontang Muhammad Irfan menyoroti soal penangangan Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) saat rapat bersama Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM).

Menurutnya, ODGJ tersebut sangat meresahkan masyarakat, lantaran kerap merusak barang-barang milik warga. Ia pun mempertanyakan terkait penanganan ODGJ ini merupakan tanggungjawab siapa.

“Sebenarnya penanganannya gimana. Kenapa waktu saya tanya. OPD saling lempar tanggung jawab. Kalau dibilang ranah Dinsos, tapi kok nggak punya anggaran untuk itu,” ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) komisi I bersama Dinsos-PM di Sekretariat DPRD Bontang, Senin (1/8/2022).

Penanganan ODGJ ini kata Irfan, harus ditangani secara serius agar mengantisipasi kemungkinan hal buruk terjadi. Seperti mengamuk dan merusak fasilitas umum yang ada. Apalagi saat ini ODGJ tersebut masih banyak berkeliaran.

Ia pun meminta pemerintah melalui dinas terkait, agar segera mengusulkan anggaran untuk menangani masalah ODGJ tersebut.

“Kalau tidak ada anggaran segera usulkan. Ini masalah serius harus segera ditindaklanjuti. jangan dibiarkan begini,” timpalnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinsos-PM, Baktiar Mabe menjelaskan penanganan ODGJ tersebut kata dia bukan hanya ranah Dinsos-PM. Namun melibatkan 3 instansi diantaranya, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, dan Dinsos-PM itu sendiri. Sementara, untuk persoalan tanggung jawab, Dinsos-PM hanya menangani ODGJ yang sudah masuk tahap pemulihan.

“Kita hanya pemulihan. Itu pun bukan ODGJ yang ngamuk kita tangani. Cuman yang agak sedikit terganggu saja psikisnya,” bebernya.

Sehingga, penanganan ODGJ yang ngamuk itu harusnya masuk dalam penanganan Satpol PP. Setelah diamankan, pihak Satpol PP menyerahkan ke Dinas Kesehatan sebelum di bawah ke rumah sakit untuk pemulihan.

“Kalau sudah dibawa ke Rumah Sakit, terus di rujuk ke RSJ Samarinda. Setelah dinyatakan membaik dan dipulangkan ke Bontang, nah itu baru tanggung jawab kita untuk dilakukan pemulihan,” tandasnya. (Adv)

Komentar