oleh

Maming Dorong Disnaker Tingkatkan Keterampilan SDM di Bontang

TERASKATA.COM,BONTANG – Anggota Komisi I DPRD Bontang mendorong pemerintah agar menggenjot peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Maming, upaya ini diperlukan agar SDM di Bontang mampu bersaing dengan tenaga kerja luar. Apalagi persaingan kerja yang semakin ketat, maka kualitas dan skill tenaga kerja sangat diperlukan.

Ia pun meminta agar Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) lain dari luar Bontang. Seperti Balikpapan dan Samarinda.

“Disnaker harus buka peluang itu,” ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Kerja sama ini juga kata Maming sangat bermanfaat untuk mengurangi jumlah pengangguran di Bontang yang sangat tinggi. Bahkan tertinggi Se-Kalimantan Timur.

“Jadi kalau mereka punya keterampilan dan skill mereka bisa dapat pekerjaan yang layak atau bahkan bisa buat usaha sendiri,” timpalnya.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Disnaker Bontang, Marthen Minggu menuturkan, sudah lama menjalin kerja sama dengan BLK lain. Bahkan hingga Sumatera dan Jawa.

Bahkan, baru-baru ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Negara Korea Selatan untuk menjalin kerja sama peningkatan SDM, dan masih dalam proses pengurusan berkas sertifikasi SDM.

“Sertifikasi ini menjadi salah satu acuan bagi perusahaan dalam merekrut tenaga kerja. Persaingan sekarang ketat, sertifikasi menjadi syarat untuk bisa masuk ke perusahaan,” tandasnya. (adv)

Komentar