oleh

Pembangunan Turap di Guntung Akan Terealisasi, AH: Anggaran Rp 1,5 Miliar

TERASKATA.COM, BONTANG – Rencana pembangunan turap sungai di Kelurahan Guntung akan terealisasi tahun ini.

Wakil ketua DPRD Bontang Agus Haris mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar dari APBD Perubahan tahun 2022 untuk pengerjaan ini.

“Soal rencana penurapan itu sudah dibahas di Musrenbang kota, Insyaallah tahun 2022 ini akan dikerjakan,” ujarnya saat ditemui usai rapat di sekretariat DPRD Bontang, Senin (1/8/2022).

Adapun pengerjaan turap sungai akan dilakukan di RT 10 dan 11, dengan panjang kurang lebih 100-200 meter dan tinggi 4 meter.

Namun sebelum pengerjaan berjalan akan dilakukan relokasi 3 rumah yang ada di bantaran sungai tersebut. Relokasi ini disebut AH sapaan akrabnya, perlu kerjasama dari semua pihak baik pemerintah di tingkat Kelurahan dan perusahaan yang ada di sekitar wilayah tersebut.

“Jadi semua pihak harus ikut berpartisipasi. Karena kalau tidak dipindah tidak bisa dikerjakan itu tebing. Jadi agar tidak menghambat proses pembangunan, nanti akan dipindahkan rumah itu. Dan pemiliknya sudah bersedia pindah asal di tanggung semua,” bebernya.

Di akhir, AH berharap pembangunan turap ini dapat meminimalisir banjir yang kerap menimpa warga Guntung.

“Ya semoga ini bisa jadi solusi penanggulangan banjir selama ini,” tandasnya.

Diketahui, sebelumnya Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris, telah melakukan peninjauan ke RT 10 dan 11 di Kelurahan Guntung yang merupakan langganan banjir. Dari tinjauan tersebut kemudian diusulkan untuk pembuatan turap.

Kabid Sanitasi, Air Minum dan Sumber Daya Air, Dinas PUPR Kota Bontang Edi Suprapto menuturkan rencana pembuatan turap itu diperkirakan membutuhkan anggaran sebanyak Rp 1,5 miliar untuk pengerjaan sepanjang 100 meter. (adv)

Komentar