oleh

Pertama di Palopo, Siswa SMPN 2 Uji Coba Media Pembelajaran Virtual Reality

TERASKATA.COM, Palopo – SMPN 2 Palopo serius untuk menjadi sekolah digital. Hal itu ditampakkan dengan memulai melakukan uji coba media pembelajaran Virtual Reality (VR).

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Syahruddin SPd MM dengan mengatakan, gebrakan yang kembali dilakukan oleh SMPN 2 Palopo merupakan keseriusan untuk menjadi sekolah digital dan pertama kali di Kota berjuluk Kota tujuan pendidikan ini.

“Ini merupakan sebuah gebrakan yang luar biasa kembali dilakukan oleh SMPN 2 Palopo. Sebagai sekolah yang bertransformasi menjadi sekolah digital, SMPN 2 Palopo membuktikan bisa menerapkan media pembelajaran menggunakann VR ini,” kata Syahruddin saat ditemui Teraskata.com di ruang kerjanya, Selasa (21/06/22).

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Palopo, Suwarnita Sago Gani SE MM mengaku, segera mungkin menerapkan media pembelajaran ini.

Ia mengaku, terlebih dahulu melengkapi fasilitas untuk bisa menerapkan media pembelajaran VR ini agar merata bisa digunakan oleh seluruh siswa.

“Siswa kami juga merasa senang dengan media pembelajaran ini karena mereka sudah coba dan merasakan langsung tampak nyata saat menggunakan kacamata VR ini. Ini baru tahap sosialisasi namun segera mungkin kita terapkan,” tegas Suwarnita usai melakukan Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality di aula pertemuan SMPN 2 Palopo, Senin (20/06/22).

Menurut Pemateri pada sosialisasi tersebut, Muhammad Hijrat SPd MPd selaku Promotor media pembelajaran VR ini mengatakan, saat ini orang-orang tengah berbondong-bondong menuju teknologi terbaru metaverse ini.

“Metaverse sendiri merupakan penggabungan antara aspek sosial media dan game online yang juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran,” kata Hijrat.

Ia pun mengaku, sekolah-sekolah di Kota besar seperti Kota Makassar rata-rata telah menggunakan media pembelajaran ini bahkan Pemerintah Kota Makassar pun telah melakukan Launching terhadap penerapan VR ini dalam sistem Pemerintahan.

“Saatnya Kota Palopo menerapkan VR ini yang dimulai dari tahapan sosialisasi terlebih dahulu,” pungkasnya.(adv/lia)

Komentar