oleh

Tahapan Dimulai, Bawaslu Palopo Siap Kawal Pemilu 2024

TERASKATA.COM, Palopo – Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan tahapan Pemilu 2024 pada, Selasa (14/06/22) lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo mulai melakukan sejumlah persiapan.

Disampaikan Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra, ada sejumlah persiapan yang dalam menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024.

“Diawali dengan persiapan pencegahan, Bawaslu melakukan langkah-langkah peningkatan kapasitas, di antaranya peningkatan kapasitas dalam pencegahan, penanganan pelanggaran, dan pelaksanaan penyelesaian sengketa,” kata Budi, Jumat (17/06/22).

Dilanjutkan, dengan adanya program Bawaslu Goes to School yang merupakan salah satu program strategis Bawaslu untuk menjangkau pemilih pemula dalam rangka pendidikan politik atau sosialisasi tentang demokrasi.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan Goes to school, Bawaslu sudah merencanakan untuk berkunjung ke SMA/Sederajat yang secara esensi akan menjadi pemilih untuk pertama kalinya,” lanjut Budi.

Selain itu, kata Budi, Bawaslu kembali membentuk Kelurahan sadar pengawasan serta diskusi publik yang menghadirkan media se-Kota Palopo.

Bawaslu juga melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU.

Dengan ini, ia pun menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan secara profesional dengan selalu mengedepankan sikap netralitas guna meningkatkan kualitas demokrasi di Kota Palopo.

“Pengawasan akan dilakukan mulai dari tahapan persiapan sampai pelaksanaan. Terutama tahapan pendaftaran partai politik yang akan dimulai pada pertengahan tahun 2022,” ucapnya.

Selanjutnya terkait penindakan dan penyelesaian sengketa, di Kantor Bawaslu Palopo telah mempersiapkan diri ketika ada pihak yang melapor atau mengajukan sengketa.

“Kita di sini sudah bersiap untuk menerima laporan ataupun sengketa yang diajukan oleh peserta pemilu,” pungkas Budi.(cr1/lia)

Komentar